Terkaan Model LCGC Baru Milik Honda

Pihak Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan masih mempelajari seluk beluk model 7-penumpang buat Low Cost Green Car (LCGC). Dari hasil wawancara KompasOtomotif dengan Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM Jonfis Fandy, Kamis (20/4/2017), gelagatnya HPM tidak bakalan mengekor Datsun, Daihatsu, ataupun Toyota.

Ketiga merek itu punya model LCGC 7-penumpang berupa MPV, yakni Datsun GO+, Daihatsu Sigra, dan Toyota Calya. Semuanya menggunakan platform yang sama seperti model hatchback masing-masing. Sementara itu HPM masih bertahan dengan satu model, Brio Satya.

Brio Satya kemungkinan tidak akan punya versi 7-penumpang untuk LCGC. Pasalnya pengembangan Brio Satya menjadi MPV sudah ada yakni Mobilio yang jadi pesaing Avanza dkk.

Apakah HPM akan terus bertahan dengan satu model LCGC?

“Kami tidak punya resource begitu banyak sampai menghadirkan begitu banyak varian lalu konsumen tinggal pilih. Dari awal kami belum melihat itu (7-penumpang untuk LCGC) menambah volume. Kalau ditanya konsumen mau enggak? Ya pasti maulah karena harga LCGC. Dari sisi konsumen iya, tapi apakah menambah volume ya enggak juga,” jawab Jonfis.

Lantas apa strategi HPM buat LCGC pada masa mendatang?

“Kami tetap pelajarilah. Tapi apakah akan masuk ke segmen yang sama (LCGC 7-penumpang MPV), kami tidak melihat seperti itu. Misalnya pelopor ya pelopor, karena masuk ke segmen itu ribet (sudah banyak pemainnya),” kata Jonfis

Terobosan apa, selain MPV 7-penumpang, yang cocok buat LCGC?

“Salah satunya membuat lebih besar, lebih tinggi. Ground clearance anggap saja 155cm, itu bisa di mana-mana kok. Ya termasuk SUV atau MPV asal konsumen puas terhadap produknya,” ucap Jonfis.

sumber: http://otomotif.kompas.com/read/2017/04/23/155100615/terkaan.model.lcgc.baru.honda

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *