Sahur yang Baik Jam Berapa?

Kamu mungkin pernah bertanya, jam berapa sebaiknya kita melaksanakan santap sahur? Ada beberapa perspektif untuk menjawab pertanyaan ini.

Pertama, jika ditilik dari segi sunnahnya. Ada beberapa hadits nabi yang menganjurkanmu untuk mengakhirkan waktu sahur. Maksudnya, sebaiknya kamu bersahur pada akhir-akhir waktu sahur, misalnya saja 60 menit atau 30 menit sebelum waktu sahur itu tiba. Hal inilah yang sangat dianjurkan oleh nabi kita Muhammad SAW.

Untuk itu, sebisa mungkin kita melaksanakan santap sahur di waktu tersebut.

Namun jika memang dikhawatirkan kita sulit terbangun, mungkin kita bisa melakukannya sebelumnya. Seperti mungkin saat tengah malam kita baru dari tempat kerja, kita pun bisa langsung melakukan sahur di waktu tersebut. Sebab tubuh ini sangat lelah, jadi dikhawatirkan nantinya tidak terbangun saat sahur tiba.

Atau bahkan mungkin saat jam 9 malam, karena mungkin selama ini orang tersebut memiliki riwayat susah bangun setelah tidur, maka mungkin saja itu dilakukan. Yang penting niatnya adalah untuk melakukan sahur.

Tapi tetap yang paling diutamakan adalah bersantap sahur di waktu terakhir. Mengapa demikian?

Agar sekalian kita pun bisa melaksanakan sholat Subuh. Antara Imsak ke sholat Subuh itu berselang sekitar 15 menit. Tentu waktu tunggu yang tidak lama. Kita pun bisa menggunakan waktu tersebut untuk melakukan hal positif, seperti dengan berdzikir dan membaca Al Quran.

Atau kita juga bisa menyimak ada info apa yang terbaru. Dengan mengakses internet saat sahur,    itu kita bisa mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan. Seperti berita terkini hari ini atau mungkin juga sedang ada promo belanja online yang berlangsung di bulan Ramadhan. Nah, kita pun bisa memilih informasi yang diinginkan

Mengenai melaksanakan sahur ini sangatlah diutamakan. Sampai-sampai Nabi Muhammad SAW bersabda, “Janganlah kalian tinggalkan ia (sahur) meskipun kalian hanya minum seteguk air. Sesungguhnya Allah dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang melaksanakan sahur.” (HR Ahmad)

Karenanya penting bagi kita untuk melaksanakan makan sahur. Sekalipun mungkin mata kita ngantuk berat, tapi kita tetap harus melaksanakannya.

Ada berapa trik yang bisa kita coba agar tidak sampai terlewat waktu sahur.

  1. Nyalakan alarm. Kita bisa set alarm di jam weker atau smartphone kita. Kita bisa mengaturnya 1 jam sebelum waktu imsak tiba. Jadi misalanya imsak pukul 4 pagi, maka kita bisa atur alarm jam tersebut pada pukul 3 pagi.
  2. Hindari begadang. Setelah selesai shalat tawarih dan membaca Al Quran, sebisa mungkin kita lekas berangkat tidur. Hindari begadang apalagi sampai larut malam. Sebab dikhawatirkan hal tersebut bisa membuat Anda telat bangun nantinya.
  3. Hindari minum kopi jelang tidur. Agar Anda pun bisa lekas terlelap dan cepat tidur di malam hari. So, ketika waktunya sahur, kamu pun akan lekas terjaga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *