Ini Faktor Yang Mempengaruhi Kenaikan Harga Jual Tanah

Sold Sign

Apakah kamu memiliki rencana untuk investasi properti? Melirik investasi properti merupakan salah satu ide brilian karena harga tanah terus melonjak setiap tahunnya. Dan ini bisa jadi prospek menguntungkan. Harga tanah memang selalu meningkat dan tak ditentukan oleh faktor tunggal. Di mana pun lokasinya, harga jual beli tanah cenderung naik setiap tahun. Apa sebenarnya yang menjadi faktor penentu naiknya nilai jual tanah tersebut ? berikut beberapa diantaranya.

Lokasi tanah di kawasan strategis

Sudah merupakan hal umum bahwa semakin strategis lokasi tanah maka semakin tinggi pula harga jualnya. Peningkatan harga tanah mengacu pada pemahaman tersebut, lokasi tanah strategis amat ditentukan oleh pertimbangan ekonomis. Misalnya sebidang tanah yang akan dibeli atau kamu miliki ternyata berada di pusat kota, dekat dari pusat pemerintahan dan pusat bisnis. Belum lagi apabila kualitas lingkungan fisik dan lingkungan sosialnya mendukung. Seperti tersedianya fasilitas umum. Untuk itu sangat disarankan untuk memilih dan membeli tanah yang berada dan terletak di kawasan strategis atau kawasan industry yang mudah mengalami perkembangan dalam beberapa tahun saja. Kamu bisa memperoleh keuntungan yang cukup besar hanya dalam waktu yang dekat 3 hingga 4 tahun saja.

Tanah dengan lokasinya yang terletak berdekatan dengan jalan lingkungan tertata berdasar blok plan, saluran drainase, jaringan listrik, jaringan PDAM, juga taman lingkungan, dan lainnya membuat harga jual beli tanah makin istimewa. Apalagi jika fasilitas tersebut berada di tanah yang ada di kawasan perumahan. Dengan sendirinya, fasilitas standar dan penunjang tersebut membuat nilai ekonomisnya semakin tinggi.

Pihak penguasa tanah

Faktanya kenaikan harga jual tanah dipengaruhi oleh penguasaan tanah yang dilakukan oleh beberapa pihak. Pihak-pihak tertentu ini biasanya ialah para pengembang, investor serta kumpulan pemilik modal. Mereka bisa membeli lahan dalam skala ribuan hektare kemudian diolah dan dijual kembali. Dengan begitu mereka bisa meraup keuntungan dua hingga tiga kali lipat berkat penjualan tanah. Semakin banyak jumlah pengelola dan investor yang melakukan hal ini tentu harga tanah akan terus mengalami kenaikan.

Tingginya permintaan properti

Permintaan pembangunan properti terutama perumahan menjadi salah satu faktor penyebab harga tanah meningkat. Pasalnya, perkembangan properti di Indonesia terus meningkat, khususnya di Jakarta. Saat ini hampir semua jenis rumah diminati masyarakat. Mulai rumah subsidi, rumah tapak, maupun rumah komersial. Permintaan properti yang melaju kencang ini turut ditunjang oleh pertumbuhan ekonomi yang membaik dan meningkatnya investasi dalam sektor ini.

Tanah terletak di kawasanpadat penduduk

Bagi kamu pemilik tanah yang terletak di kawasan padat penduduk harga tanah akan cenderung terus meningkat. Hal ini semakin diyakini dengan adanya fakta bila tanah yang terletak di kawasan penduduk biasanya akan menuai aktivitas pembangunan dan ekonomi lebih tinggi daripada kawasan yang kurang padat penduduk. Semakin maju dan berkembang kawasan tersebut maka semakin mahal dan tinggi pula harga tanahnya. Tidak sedikit para developer dan pengembang properti yang akan mengincar tanah di kawasan tersebut. Selain itu tanah yang terletak di kawasan padat penduduk atau perumahan tentu sudah memiliki legalitas yang lebih lengkap dan aman, melindungi pemiliknya dibanding tanah biasa. Legalitas utama terwujud dalam bentuk Sertifikat Hak Milik atau SHM untuk kawasan perumahan yang dijual oleh developer berbadan hukum, dipastikan developer tersebut telah mengantongi Izin Pemanfaatan Tanah atau IPT.

Benda – benda di atas tanah

Tahukah kamu ternyataa kenaikan harga jual tanah juga dapat dipengaruhi oleh keberadaan benda – benda yang terletak di atasnya. Benda – benda tersebut bisa berupa bangunan tertentu maupun tanaman yang bernilai ekonomis serta produktif dan dapat memberikan keuntungan tersendiri bagi pembelinya. Faktor ini memang masih disangsikan masyarakat. Namun tetap saja pda faktanya, dengan adanya tanaman produktif dan ekonomis seperti kelapa, karet, kopi, cokelat hingga sawit mampu meningkatkan harga tanah. Terlebih lagi jika tanaman tersebut bisa dibudidayakan dan menghasilkan keuntungan pula. Tanah yang subur dan ditumbuhi oleh tanaman seperti yang disebutkan tentu akan memberikankepuasan dannilai lebih bagi pembelinya.

Pematang lahan memiliki nilai tinggi

Harga tanah yang terus mengalami kenaikan besar dipengaruhi oleh sulit dan rumitnya proses pengurusan dan perizinan di belakang. Ada biaya-biaya lain yang ikut melekat saat mengurus pematangan lahan. Jadi, kamu bukan hanya harus membayar biaya pembelian tanah saja melainkan ada pula biaya registrasi, sertifikasi hingga perizinan pengembangan di atasnya. Tujuan dari pengeluaran biaya lain-lain tersebut demi membantu pematangan lahan supaya tanah yang kamu miliki atau kamu beli terbebas dari persoalan izin ilegal.

Itulah beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan tanah pada setiap tahunnya. Oleh karena itu jangan sampai tertinggal untuk segera membeli dan investasi properti dengan tanah sekarang juga.  Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli tanah dengan harga yang masih terjangkau.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *