Batik Wanita Khas Pekalongan

Batik-batik yang berasal dari Jawa memang memiliki keunikan tersendiri dengan berbagai makna yang ada. Selain batik khas Indonesia yang berasal dari Solo, Yogyakarta, Betawi dan lainnya terdapat satu motif batik yang betrasal dari Pekalongan yang tidak kalah indah dengan coraknya yang sudah sangat terkenal. Pekalongan adalah salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah sama seperti Solo. Pekalongan disebut juga kota batik karena sangat terkenal dengan motif batiknya dan merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup baik karena adanya batik yang digunakan sebagai sumber ekonomi masyarakat Pekalongan. Di Pekalongan juga terdapat pula tempat-tempat yang berhubungan dengan batik diantaranya museum batik dan tugu batik yang terkenal. Karena terkenalnya beragam corak batik yang diproduksi di Pekalongan membuat terdapat berbagai model baju batik wanita khas Pekalongan.

Baju batik wanita dengan motif yang berasal dari Pekalongan ini memiliki beragam model khususnya bagi wanita yaitu diantaranya desain daster, blus, dress, setelan baju kantor dan lain sebagainya. Pekalongan merupakan pusat kota batik dimana corak motif batiknya yang sangat indah dan terkenal di berbagai daerah. Selain itu juga karena factor kualitas yang diberikan pada batik khas Pekalongan ini. Tahukah Anda ternyata batik khas Pekalongan ini memiliki banyak motif diantaranya motif jlamprang, motif liong dan motif semen. Motif-motif tersebut sudah sangat tenar di berbagai daerah. Motif jlamprang ini memiliki makna mengenai dua kebudayaan agama yang dikenal sejak dahulu di Pekalongan yaitu kebudayaan agama Islam dan agama Hindu menurut filosofi.

Baju batik wanita yang dihasilkan pada batik khas Pekalongan ini tidak sedikit yang menggunakan motif Liong yaitu motif yang mengandung ornament-ornamen bentuk mahluk imagin seperti berbentuk ular naga. Motif ini cukup terkenal untuk dikenakan dan dibuat menjadi pakaian batik. Motif lainnya yang cukup terkenal adalah motif semen yang memiliki kemiripan dengan motif batik khas Yogya dan Solo. Pada motif ini mengandung motif fauna yaitu burunng garuda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *